Translate

Friday, March 2, 2012

RUNNING LED (LED BERJALAN)

A. Pendahuluan
Papan nama berjalan ini dibuat dengan menggunakan sebuah IC HCF14017 BE sebagai decade counter dan IC 555 sebagai clock-nya. IC HCF14017 BE ini mempunyai karakteristik dapat mengaktifkan salah satu bit outputnya saja dan mampu memberikan arus sampai 10mA. Arus output ini sudah cukup untuk menyalakan sebuah led dengan kecerahan yang cukup. IC CMOS ini cukup baik kerjanya terutama dengan tegangan suplai yang daerah kerjanya sangat lebar yaitu mulai 3.0 VDC sampai 18VDC. Dalam proyek ini akan dipilih tegangan 12 VDC agar dapat diapasang pada kendaraan bernotor sehingga menjadi lebih menarik. Sedangkan untuk membentuk pulsa clocknya digunakan IC 555, yang berfungsi sebagai timer yang berfungsi untuk menghasilkan denyutan (pulse) sebagai penggerak IC 4017.
Untuk outputnya, digunakan Led berwarna merah, kuning, hijau dan biru. Digunakan Led yang berwarna-warni dengan tujuan untuk menambah semarak tampilannya.
B. Skematik
Pada dasarnya, skematiknya hampir sama dengan Ledsequence. Namun mengalami modifikasi dibagian outputnya disini dirangkai dengan model bulat. Tapi bisa diubah sesuai dengsn keinginan kita.



KET:
Bila ingin menggunakan 10LED maka LED yang bernomor ganjil saja yang dipasang atau LED bernomor genap saja yang dipasang

0 komentar:

Post a Comment

Thank atas komentarnya

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India