Translate

Tuesday, August 28, 2012

Cara memperbaiki cooling fan error hp mini

Untuk pembahasan kali ini saya akan menceritakan mengenai pengalaman saya memperbaiki kerusakan pada notebook hp mini 210..

kipas prosessor hp mini

pertama untuk kasus cooling fan error

sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai fungsi kipas prosessor, kipas prosessor sangat berguna sekali dalam sebuah komputer yang berfungsi sebagai blower (penghisap) arti lebih jelasnya lagi sebagai penghisap udara panas yang di hasilkan dari sebuah prosessor. Jika tidak maka sebuah laptop atau komputer tidak dapat bekerja.  Kalau pun hidup dan dipaksa hidup maka anda akan menerima kerusakan yang terjadi bisa-bisa berasap tu motherboard,,,alhasil kita akan mengeluarkan kocek besar utk menrepair sebuah laptop kesayangan kita.

na kembali ke laptop ,hehe

sebuah masalah muncul pada laptop seseorang, dengan permasalahan saat laptop mau dihidupkan maka muncul tulisan cooling fan error  jika dilanjutkan akan rusak hubungi www.hp......com  kemudian tekan enter untuk exit..itu semua terjadi saat komputer bekerja lama dan tidak ada istirahatnya.

oke teman itu kasus nya

cara menyelesaikan masalahnya :
artinya laptop tersebut bukan motherboardnya yang rusak karena jika rusak saat dihidupkan di layar tidak muncul apa-apa..

first step
1. buka laptop alias bongkar habis buka cover belakang saja teman namu bongkar nian..keyboard angkat dan ketemu la sebuah kipas prosessor ,,ini la yg error kipas prosessor tidak hidup tidak bergerak

cabut kipas tersebut copotkan socket fan,,ada ketemu 3 warna kabel.. yg pertama kabel merah, hitam, dan kuning.
kabel merah +, warna hitam -, warna kuning sensor

cek menggunakan sebuah adaptor kabel merah dan hitam stel tegangan 5 volt pada sebuah adaptor

jika bergerak artinya kipas tidak tidak rusak,,ini mungkin kotor kipas, soket debuan,,jadi lakukanla bersih-bersih ,,hembus2x oke pasang lagi,,coba tanpa cover alhmdllh hidup,,yes itu la cara memperbaiki,,bongkar habis bersihkan pasang lagi

2 komentar:

iyusae said...

as? Hatur nuhun pisan -_-
manfaat pisan ...
sakali dei hatur nuhun

Unknown said...

sama-sama kang

Post a Comment

Thank atas komentarnya

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India