Translate

Wednesday, February 8, 2012

Jurusan Teknik Bisa Jadi Apa Ya?

JAKARTA - Mendapatkan gelar Insinyur merupakan kebanggaan tersendiri baik bagi mahasiswa tersebut maupun keluarganya.

Lihat saja, film Si Doel Anak Sekolahan. Ketika Doel menyandang titel Insiyur, sang ayah menyambutnya dengan sukacita. Namun, bagaimana sebenarnya kesempatan kerja bagi seorang lulusan jurusan teknik?

Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Bambang Purwohadi menyebutkan, para mahasiswa yang menekuni jurusan teknik tidak perlu merasa khawatir akan kesempatan kerja ketika lulus nanti. Bambang menyebutkan, seorang insinyur itu melingkung segala aspek kehidupan.

"Insinyur itu pakar rekayasa yang berusaha mencari jawaban atas berbagai masalah kehidupan di berbagai bidang," kata Bambang kepada okezone selepas penandatanganan MoU dengan Universitas Nasional (Unas), di Kampus Unas, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (8/2/2012).

Dia mngungkapkan, bidang kajian insinyur sangat luas. Mulai dari teknik industri, sipil, elektro, elektronika, mesin, dan sebagainya.

"Di PII saja terdapat 13 badan Kejuruan. Di antaranya, mesin, dirgantara, fisika, dan pertanian," ujarnya menerangkan.

Para lulusan teknik pun, ujar Bambang, tidak perlu khawatir dengan kesempatan kerja di masa depan.

"Seorang insinyur harusnya memiliki kemampuan merekayasa dan berinovasi untuk menjawab segala tantangan yang ada dalam era globalisasi saat ini dan kemudian hari," tuturnya.(rfa)
sumber :http://kampus.okezone.com/read/2012/02/08/373/572056/jurusan-teknik-bisa-jadi-apa-ya

0 komentar:

Post a Comment

Thank atas komentarnya

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India