Saya anggap teman-teman sudah tau dasar menggunakan macromedia flash baik versi MX atau pun versi 8 dan CS
yang pertama di lakukan adalah kita mencari gambar bola dari internet karena kita tidak bisa menggambar bola seperti aslinya cos kurang begitu perfect menggunakan corel draw untuk pengolahan vektor
contoh bola yang kita ambil dari google dalam bentuk jpg
setelah gambar kita ambil kemudian kita ubah bentuk gambar menjadi tipe png karena adobe flash bisa menerima bentuk png untuk di covert menjadi simbol grafik untuk contoh perubahan seperti ini :
setelah kita merubah bentuk png kemudia kita rubah gambar betipekan png tesebut ke bentuk simbol grafik caranya adalah klik kanan pada gambar kemudian convert to simbol pilih grafik
Dan tak kalah penting perhatikan ukuran bola harus sama jika tidak sama antara lebar dan tinggi maka perputaran bola nanti akan lonjong tidak bulat cara pengaturannya adalah :
langkah yang penting selanjutnya adalah mengunci frame yang akan kita jadikan sebagai animasi bergerak
1. di timeline keyframe kunci frame ke 30 misalkan artinya nanti bola akan berputar dari frame ke 1 sampai ke 30 contoh kita melakukan keyframe
langkah akhir adalah membuat creat motion artinya pergerakan seperti ini :
Terakhir kita setting properties pergerakan dengan tipe CW ataupun CCW
Baca bismillah tekan CTRL+ENTER di keyboard bola akan berputar
teman-teman bisa export menjadi file bertipe kan gif,, jadilah animasi bola berputar
0 komentar:
Post a Comment
Thank atas komentarnya