ABSTRAK
AHMAD APANDI
A1F007012
AHMAD APANDI
A1F007012
Universitas Bengkulu
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan reduksi oksidasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media kartu belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan dalan tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan , (3) observasi, (4) refleksi dan data diperoleh dari tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan nontes dan tes, yang terdiri dari posttest dan lembar observasi guru dan siswa. Data diolah dengan menggunakan teknik analisa deskriftif, yaitu mendiskripsikan data dari sumber data melalui posttest hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media kartu belajar dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan keaktifan siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Hal ini dapat dilihat pada (1) nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 69,06, siklus II 74,69 dan siklus III 80,94 (2) daya serap klaksikal yaitu pada siklus 1 sebesar 69,06% siklus II 74,69% dan siklus III 80,94% (3) ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 71,88% siklus II sebesar 81,25% dan pada siklus III sebesar 93,75% (4) aktivitas siswa siklus 1 dengan skor rata-rata 22,5 (cukup baik), siklus II dengan skor rata-rata 35 (baik) dan siklus III dengan skor rata-rata 41 (sangat baik).Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar, keaktifan
0 komentar:
Post a Comment
Thank atas komentarnya