Translate

Monday, February 21, 2011

Harmonisa

Pengantar


Harmonik adalah gangguan yang terjadi pada sistem distribusi tenaga listrik akibatterjadinya distorsi gelombang arus dan tegangan.Pada dasarnya, harmonik adalah gejala pembentukan gelombang-gelombang denganfrekuensi berbeda yang merupakan perkalianbilangan bulat dengan frekuensi dasarnya

Prinsip Dasar
Gelombang-gelombang ini kemudian menumpang pada gelombang murni/aslinya sehingga terbentuk gelombang cacad yang merupakan jumlah antara gelombang murnisesaat dengan gelombang harmoniknya.



Penyebab Harmonik
Di Sisi Konsumen :
- Harmonik timbul karena adanya beban yang tidak linier (semua beban dengan power supply menggunakan power electronics – IGBT, Thyritor, Transistor, MOSFET/FET,UJT, SCR)* Contoh : ASD, PC, TV, LHE.
- Electrical Arc Ct : Furnances and Welding Machine
- Intinya rangkaian daya komponen Elektronika Dayadengan kapasitor bank
Di Sisi Pembangkit :
Desain generator atau transformator yang kurang baik dapat menimbulkan harmonik*

Sumber Harmonik pada Sistem Distribusi
- Beban linier adalah beban yang memberikan bentuk gelombang keluaran yang linier artinya arus yang mengalir sebanding dengan impedensi dan perubahan tegangan.
-  Beban non linier adalah bentuk gelombangkeluarannya tidak sebanding dengan tegangan dalam setiap setengan siklus sehingga bentuk gelombang arus maupun tegangan keluarannya tidak sama dengan gelombang masukannya (mengalami distorsi).
- Beberapa peralatan yang dapat menyebabkan timbulnya harmonik antara lain komputer printer lampu fluorescent yang menggunakan elektronikballast, kendali kecepatan motor, motor induksi, batere charger, proses eletroplating, dll
- Penomena ini akan menimbulkan gangguan beban tidak linier satu phase
- Pada areal perindustrian gangguan yang terjadi adalah beban non linier tiga phase yangdisebabkan oleh motor listrik, kontrol keepatanmotor, batere charger, electroplating, dapur busur listrik, dll.

bersambung....

0 komentar:

Post a Comment

Thank atas komentarnya

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India