Translate

Wednesday, February 9, 2011

Instalasi Listrik

____Instalasi Rumah___
Alat-alat listrik dari PLN yang kita tahu yaitu KWH meter..KWH meter merupakan alat pencatat energi per bulan (KWH)..PLN bertindak sebagai penyedia jasa..dari tiang listrik sampai terpasang kwh meter (meteran) di rumah. Selanjutnya hak konsumen memasang instalasi di rumah. namun semua itu perlu jaminan.biasanya org PLN memberikan hak kepada CV jasa listrik. Karena CV memiliki IZIN resmi,,

mengenal alat
1.KWH meter
tidak lagi menyinggung piringan dan magnet. KWH meter jika di buka ada 5 lubang..2 masukan, 2 keluaran dan 1 ground(bumi). Dalam kwh terdapat MCB (miniatur circuit Breaker). Misal sebuah rumah terpasang daya 900 VA jadi kapasitas MCB 900VA/220V = 4A. Ingat kapasitas daya terpasang dalam VoltAmper(VA) bukan Watt..kebanyakan org mengatakan Berapa watt rumah dayanya??.
Lihat rumah mengenal kapasitas terpasang..baca MCB jika CL2 artinya 450 VA jika CL4 900 setiap angka dibelakang CL x 220.
2. Dari tiang listrik membawa satu fasa(api biasa dikenal umum) dan satu netral..masuk melalui MCB kwh meter kemudian masuk dalam 2lubang input dan buat 2 kabel keluaran terhubung lagi ke MCB baru ke beban..
3. Cara terhubung kabel ke MCB..jika dibuka MCB ada dua mur,,cara menyambung sama seperti pada saklar biasa. Potong kabel dan sangkutkan pada masing2x mur..
4. Yang pertama di lakukan adalah menyambung-nyambung beban baru sambung terakhir ke kwh meter.
5. Yang dikatakan beban : kontak-kontak(stop kontak), lampu, ac, ingat saklar bukan beban. Pihak jasa instalatir menghitung biaya per beban.
6. Kita tahu bahwa dalam kabel listrik secara umum ada fasa(api) dan netral..lebih secara umum lagi masyarakat mengatakan positif negatif.,dalam beban ada fasa ada netral,,sedangkan di saklar hanya ada fasa(api). Itulah pada saat mencoba tes pen..lampu pada tes pen ada yang nyala ada yang tidak jika di masukkan pada lubang tes pen.
6. Cara menghubungkan kabel ke beban,,ambil kabel fasa dan kabel netral..sedangkan saklar..ambil satu kabel fasa letakkan pada satu titik dan satu titik keluaran terhubung beban( untuk beban lampu), kalau stop kontak dari sumber fasa langsung.
7. Kabel ground pengaman jika arus bocor,,letak kan pada stop kontak posisi tengah kemudian tanam ke tanah,,
8. Setiap kabel ada KHA( kemampuan hantar arus) pilih sesuai dengan perhitungan.
9. Instalasi rumah terhubung paralel..
10. Jumlah total beban terpasang harus sama atau kurang dari 900 VA misal dari PLN. Jika total beban rumah kita melebihi 900 VA..jika beban kondisi full (hidup semua/bekerja semua) kwh MCB akan trip( lepas/turun)..karena jika beban full maka arus juga full melebihi KHA MCB yaitu 4 A..sekarang sekring byk digantikan oleh MCB..

____Semoga Bermanfaat____jn ir

0 komentar:

Post a Comment

Thank atas komentarnya

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India